Selasa, 30 Maret 2021

Essay Digital Marketing

 

Digital Marketing adalah salah satu media pemasaran yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat untuk medukung berbagai kegiatan bisnis yang dilakukan. Mereka sedikit demi sedikit mulai meninggalkan model pemasaran konvesional/tradisional beralih ke pemasaran modern yaitu digital marketing. Tujuan dari pada digital marketing yaitu supaya bisa menarik perhatian konsumen juga calon konsumen dengan tepat dan cepat. Misalkan, saat ini penggunaan internet di kalangan masyarakat begitu luas, hampir seluruh masyarakat mengerti tentang internet, jadi tidak heran jika banyak perusahaan mengambil jalan memasarkan produk dengan cara online. Pemanfaatan ini juga bagus untuk perkembangan brand maupun produk serta penjualan mereka. Kini produsen dapat menjual produk mereka tanpa batasan geografis.

Meskipun terdengar praktis dan menjanjikan, namun untuk menjalankan digital marketing ini tentunya memerlukan sebuah strategi. Jika Anda sebagai produsen atau brand, maka Anda harus mencari tahu lebih dahulu mengenai target penjualan digital Anda. selain itu digital marketing menuntut disiplin dan dedikasi yang tidak sedikit juga. Dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu/real time dan bisa mengglobal atau mendunia. Dengan jumlah pengguna social media berbasis chat ini yang banyak dan semakin hari semakin bertambah membuka peluang bagi UMKM untuk mengembangkan pasarnya dalam genggaman smartphone melalui media sosial.

Media sosial adalah tempat, alat bantu, layanan yang memungkinkan individu untuk mengekspresikan diri mereka untuk bertemu dan berbagi dengan rekan lainnya melalui teknologi internet. Sosial media adalah fase perubahan bagaimana orang menemukan, membaca, berbicara, dan membagi-bagikan informasi, berita, data kepada orang lain. Sosial media menjadi sangat populer karena kemudahan dan memberikan kesempatan kepada orang-orang untuk dapat terhubung secara online dalam bentuk hubungan personal, politik dan kegiatan bisnis. Sosial media menyediakan layanan komunikasi sosial.

Digital marketing yang biasanya terdiri dari pemasaran interaktif dan terpadu memudahkan interaksi antara produsen, perantara pasar, dan calon konsumen. Di satu sisi, digital marketing memudahkan pebisnis memantau dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan calon konsumen, di sisi lain calon konsumen juga bisa mencari dan mendapatkan informasi produk hanya dengan cara menjelajah dunia maya sehingga mempermudah proses pencariannya. Pembeli kini semakin mandiri dalam membuat keputusan pembelian berdasarkan hasil pencariannya. Digital marketing dapat menjangkau seluruh masyarakat di manapun mereka berada tanpa ada lagi batasan geografis ataupun waktu.

Perubahan perilaku pemasaran dari konevensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM dipercaya mampu memacu perekonomian Indonesia. Pemanfaatan konsep pemasaran secara digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital khusunya media social sebagai sarana digital marketing. Selain biaya murah, dan tidak dibutuhkannya keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media social dianggap mampu untuk secara langsung meraih konsumen. Minimnya pengetahuan pelaku UMKM mengenai digital marketing menginspirasi tim pengabdian kepada masyarakat ini menjadi kendala bagi pelaku usaha dalam memasarkan produknya yang seriring berkembangnya zaman. Apabila para pelaku UMKM paham akan pentingnya teknologi digital, dalam hal ini digital marketing bagi usaha mereka, diharapkan mereka termotivasi untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana promosi.

Untuk menerapkan digital marketing sebagai teknik pemasaran, perlu mengetahui strategi apa yang paling cocok digunakan. Membangun strategi digital marketing untuk UKM sangat penting guna mengetahui arah pemasaran serta tidak keluar dari jalur dan tujuan. Berikut adalah cara membangun strategi digital marketing :

1. Manfaatkan Sosial Media

Facebook, Instagram, dan Twitter, ketiganya adalah yang paling umum dan sering orang gunakan saat ini kapanpun dan dimanapun berada.

2. Gunakan Teknik Email Marketing

Teknik email marketing ini terkadang suka diabaikan orang banyak. Bahkan tak jarang yang menganggapnya, ini hanyalah spam tak berguna, begitu kata mereka.

Namun hal tersebut tidaklah benar, email marketing akan menjadi efektif jika anda bisa mengelolanya dengan baik. Menggunakan email lebih ke secara peronal atau pribadi. Format penulisan yang digunakan pun menyesuaikan dengan ciri khas UKM tersebut. Meski terkesan kuno, cara ini cukup efektif untuk membantu agar target penjualan Anda tercapai.

3. Maksimalkan Penggunaan Website

Ingin menampilkan keseluruhan produk dan profil UKM Anda? Pergunakan website atau blog sebagai pilihan yang tepat. Keduanya merupakan suatu sarana untuk menjembatani hubungan konsumen dengan UKM yang Anda bangun.

Dalam wesite atau blog, Anda bebas menentukan format penyusunan menu yang sesuai. Profil, jenis produk, dan alamat serta nomor kontak adalah hal yang paling utama dicantumkan. Hal ini dapat mempermudah calon konsumen untuk mengenali produk UKM dan menghubungi Anda.

4. Menerapkan Content Marketing

Content Marketing sangat berperan penting dalam kelangsungan promosi dan penjualan produk UKM. Teknik content marketing menerapkan sebuah konsep tentang pemasaran dengan pembuatan konten yang sederhana, padat, unik, relevan, serta mudah ditangkap dan diterima oleh setiap masyarakat. Selain itu, content yang dibuat memiliki tujuan terkait akan kesuksesan UKM itu sendiri. Penerapan content marketing ini dapat dijalankan pada media sosial serta website atau blog sebagai media penjualan. Konsep seperti ini akan lebih mudah menarik konsumen jadi lebih penasaran dengan produk UKM Anda.

 

 

5. Optimalisasi SEO

Artikel yang menggunakan penerapan SEO dapat mendukung keberadaan website atau blog Anda muncul di halaman-halaman depan pada mesin pencarian google. Konsep SEO juga akan meningkatkan traffic website atau blog.

SEO dapat digunakan dengan menggunakan kata kunci pada artikel website atau blog UKM Anda. Kata kunci yang relevan dan paling banyak dicari pada mesin pencarian. Anda juga dapat menggunakan teknik SEO off page untuk menaikkan traffic. Dengan menulis artikel dan memanfaatkan backlink dari situs lain, dapat mengarahkan pengunjung ke laman website atau blog UKM yang Anda bangun. Bisa juga menyisipkan link-link tersebut di akun media sosial.

6. Pergunakan Ads (Iklan)

Fungsi jasa ads pada digital tak kalah bersaing dengan iklan pada media cetak. Secara tidak langsung konsumen baru yang tertarik dengan promosi Anda akan diarahkan untuk menuju akun sosial media maupun website atau blog UKM. Iklan atau ads ini dapat menjangkau segala lini dan perkembangannya juga cukup pesat. Iklan dapat dipasang pada platform sosial media, website, atau blog.

7. Memakai Jasa Influencer

Keberadaan influencer cukup mempengaruhi konsumen untuk membeli produk UKM Anda. Apalagi banyak orang yang kini lebih senang melihat konten video atau membaca caption foto di media sosial karena lebih mudah dicerna dan efisien. Seorang influencer akan mempromosikan produk tersebut di akun pribadi sosial media mereka. Promosi seperti ini dibilang cukup menjanjikan apalagi dengan adanya jumlah pengikut yang mencapai puluhan hingga jutaan ribu. Harga yang diberikan untuk promosi dengan influencer ini tidak murah dan beragam. Pilihlah influencer yang terpercaya dan sudah menjamin mampu membuat konten guna menarik calon konsumen. Ketahui bagaimana cara memilih influencer.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Referensi

https://jawarakonten.com/digital-marketing-ukm/

https://idcloudhost.com/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Air kelapa hijau adalah obat dari segala obat!!!

  Air kelapa hijau memiliki ciri khas rasa lebih asam dan menyegarkan dibanding air kelapa biasa, daging buahnya juga lebih manis. Jadi tida...